Ini Dia Beberapa Hal Yang Membuat Battery Ponsel-mu Cepat Rusak ..

Spread the love

Hampir semua orang yang mempunyai alat komunikasi yaitu ponsel dari orang dewasa, remaja, hingga anak kecil.Nah dari setiap pengguna pun mempunyai cara masing – masing dalam merawat battery ponsel nya .. bagian ponsel yang seringkali cepat rusak adalah battery nya dan kalian pasti ingin sekali battery yang di pakai awet dan tidak mudah rusak, Sebenarnya nih guys penyebab utama battery ponsel cepat rusak adalah karena kebiasaan-kebiasaan pengguna ponsel yang hanya fokus merawat bagian  fisik ponsel tanpa memperhatikan kondisi dalam ponsel terutama baterainya. Untuk itu guys, yang punya akun mau kasih tau kalian nih beberapa hal yang bisa buat battery ponselmu cepat rusak

1. Ponsel Nggak Pernah di Matikan

ponsel perlu istirahat

Ponsel pun sama kayak manusia guys yang membutuhkan istirahat, ponsel juga butuh untuk ‘beristirahat’ dengan cara dimatikan secara berkala. Jika ponsel terlalu sering digunakan secara non stop  maka battery ponsel akan terasa panas dan hal ini sangat tidak baik untuk baterai itu sendiri dan komponen-komponen lain  yang ada di dalam ponsel. Sebaiknya matikan ponsel saat kalian sedang tidak memakainya seperti pada saat tidur sehingga kinerja baterai ponsel dapat tetap stabil 🙂

2.Segera Men-charge Ponsel Saat Peringatan Lemah daya / Low batt Muncul

lw

Kalo ponsel kalian udah memberikan informasi battery akan habis, maka cepat-cepatlah men-charge ponsel kamu. Kalo kalian membiarkan ponsel sampai mati dan tidak bisa nyala sama sekali, itu akan menyebabkan battery ponsel kalian akan ngedrop. Kalo udah menjadi kebiasaan ya gitu guys efek buruk nya  adalah battery ponsel akan rusak  total.

3.Men-Charge Ponsel Semalaman

cas

Apa kamu kamu termasuk orang yang men-charge ponsel kalo ingin tidur dan baru mencabutnya saat bangun? Nah, Kebiasaan men-charge ponsel kayak gini sering banget dilakuin dengan alasan agar ponsel dapat digunakan keesokan harinya dalam kondisi yang full. Nyatanya,mengisi daya ponsel sepanjang malam dan baru mencabutnya saat pagi dapat merusak battery ponsel kesayangan kamu. Daya baterai yang terus diisi padahal sudah penuh akan menyebabkan baterai bocor atau rusak. Oleh karena itu usahakan untuk langsung mencabut charger setelah battery ponsel terisi penuh agar baterai dapat tetap awet. Namun pada smartphone masa kini, udah banyak fitur teknologi seperti teknologi controlling battery, yang memungkinkan saat charge pengisian full 100% maka battery akan otomatis stop charging, fungsi battery smartphone akan menjadi power listrik.

4.Ponsel Digunakan Saat Men-charge 

download (6)

Ini nih juga kebiasaan guys.. Memainkan ponsel kalian yang sedang di charge entah untuk sms, telepon atau membuka medsos Padahal kebiasaan ini sangat tidak baik untuk kualitas battery handphone tersebut karena ketika kita menggunakan ponsel saat sedang diisi dayanya, suhu handphone akan meningkat dan akan merusak sel yang terdapat pada baterai ponsel.

5.Di-Charge Nggak Sampai Full

ngecas smartphone

Kebiasaan melepas charger padahal ponsel belum terisi penuh juga dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. Hal ini karena pada umumnya baterai yang digunakan pada ponsel berjenis Li-Ion yang memiliki umur berdasarkan berapa banyak baterai tersebut diisi ulang. Nah semakin sering kamu melakukan pengisian maka akan semakin berkurang juga umur baterai tersebut guys.

6. Perhatikan Suhu Ponsel mu guys

suhu

Setiap penggunaan ponsel perhatikan juga suhunya, kalo suhu sedang terik dan panas lalu kamu paksaan bermain game sehingga Ponsel kamu panas lebih baik dihentikan bermain game nya dan istirahatkan handphone kamu ya agar battery nya pun awet:)

 

7.Menggunakan Charger Yang Nggak Sesuai

batt

Kadang kita pun suka banget nge-charge ponsel tanpa melihat spesifikasi charger yang di pake, but charger yang tidak sesuai dengan Ponsel  dapat berakibat fatal, why? Karena charger yang tidak sesuai dengan handphone kamu dapat terbakar bahkan meledak. Penyebabnya bermacam-macam, seperti battery dan charger yang beda daya

 

See you again and ciyubabay 🙂

You Might Also Like

Leave a Reply